Rabu, 06 Oktober 2010

0 Panasonic Hadirkan Robot Cerdas

Proyek robot seringkali digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang berkutat di bidang teknologi (tak terkecuali TI) sebagai ajang unjuk kebolehan teknologi mereka.
Lihat saja, Sony memiliki robot Aibo (bentuk humanoid) dan Qrio (bentuk anjing) atau Honda yang memiliki robot humanoid Asimo.

Seakan tidak mau ketinggalan, Panasonic telah mendemonstrasikan kemampuan robot yang bertugas mencuci rambut manusia alias tukang keramas. Robot tersebut dilengkapi dengan 16 “jari” yang ditargetkan untuk menghasilkan pencucian dan pembilasan yang sempurna.
Jika diperhatikan, robot ini mirip dengan bak pencuci rambut di salon-salon kecantikan, namun di dalamnya terdapat “jari-jari” cerdas tersebut. Hebatnya, robot Panasonic ini mampu mengingat detail bentuk kepala target dan setelan pengeramasan yang pernah dilakukan, sehingga ketika pasien tersebut kembali akan mendapatkan hasil “service” sama dengan yang terdahulu.

Robot baru dari Panasonic ini diproyeksikan untuk membantu tugas-tugas perawatan pasien di rumah sakit maupun orang lanjut usia di rumah. Purwarupa (prototype) robot tukang keramas ini dipamerkan pada acara Home Care & Rehabilitation Exhibition, antara 29 September sampai 1 Oktober yang lalu di Tokyo.

Sebelumnya, setahun yang lalu Panasonic juga menggelar kecanggihan robot “Transformer” yang mampu berubah bentuk dari tempat tidur menjadi kursi roda. Pada acara yang sama tahun ini, pembaruan (update) dari robot “Transformer” ini juga dipamerkan. Versi tersebut mengurangi jumlah motor penggerak, namun memodifikasi komponen untuk mendukung sistem docking-undocking.

Panasonic telah menyediakan dana 1,2 miliar dolar Amerika sampai dengan tahun 2015 untuk membiayai pusat riset robotika milik mereka yang terletak di Osaka. Di sana, dikembangkan pula berbagai macam robot, antara lain robot “tukang angkut” untuk membantu membawa peralatan medis yang berat, robot “pelayan makanan” bagi pasien, serta robot tukang cuci peralatan medis rumah sakit.

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.