Jumat, 17 Desember 2010

0 9 Tips menjadi Web Developer handal


1. Cari tau bidang apa saja yang sedang dibutuhkan pasar saat ini

Didalam dunia website, kita mengenal banyak sekali aplikasi website saat ini. Sebisa mungkin anda harus bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut, walaupun tidak langsung secara keseluruhan, tetapi setidaknya secara bertahap namun pasti.

2. Cari rekanan atau partner yang bisa membantu pekerjaan anda

Ini sangat penting. Contohnya adalah saya. Keahlian saya adalah pada bidang web desain. Saya cukup menguasai bidang HTMl dan CSS, sehingga untuk masalah desain web, saya bisa kerjakan sendiri. Kelemahan saya adalah bagian koding program, biasa nya untuk membuat aplikasi website tertentu. Bagaimana cara saya mengatasi permasalahan ini?

Jawaban nya adalah: Cari partner yang menguasai bidang tersebut.

Lakukan oper project, dimana anda akan mendapatkan komisi dari project tersebut. Dengan cara ini, maka semua permintaan klien bisa anda penuhi. Mencari partner memang tidak mudah, oleh karena itu banyak lah bergaul, banyak gabung di forum-forum webmaster, dll...

3. Kuasai Internet Marketing, terutama SEO

Ketika beberapa bulan yang lalu, saya web saya www.jasapembuatanweb.com launching, hampir 95% klien saya berasal dari Search engine, terutama Google. Setelah sekian lama berjalan, seiring dengan banyaknya klien, persentasi menjadi berkurang, 80% dari SEO, 20% dari mulut ke mulut. Seperti yang kita tau, level terbaik dari marketing adalah promosi dari mulut ke mulut. Itu tanda nya bisnis anda sudah bisa dipercaya dan dikenal orang banyak.

4. Teruslah belajar mengenai hal-hal baru

Sebagai seorang web developer, teruslah belajar mengenai hal-hal baru. Tidak hanya belajar mengenai dunia web, tapi juga belajar mengenai Management, leadership, cara bergaul, cara memotivasi diri,dll

5. Lakukan refreshing di kala senggang

Saya selalu melakukan rutinitas olahraga basket seminggu 2x. Saya rutin basket setiap rabu dan jumat, jam 5 sore, di Taman menteng jakarta. Saya melakukan ini karena dengan berolah raga, pikiran, jiwa, dan badan saya kembali fresh. Selalu muncul ide dan inovasi baru. Anda pun sama, lakukan refreshing secara rutin sesuai dengan minat anda.

6. Buatlah kartu nama

Kartu nama sangat penting. Buatlah kartu nama minimal 2 box, yang berisi 200 kartu nama. Masukkan 10 kartu nama di dalam dompet anda. Setiap anda bertemu dengan teman anda, setiap anda bertemu dengan orang baru, berikan kepada mereka kartu nama anda. Mungkin mereka sekarang tidak membutuhkan anda, tapi jika pada suatu saat mereka membutuhkan jasa anda, mereka tinggal melihat data anda di kartu nama anda.

7. Ketika bisnis anda sudah mulai besar, buatlah badan usaha

Saya pun berencana pada bulan maret ini ingin membuat badan usaha. Paling tidak badan usaha berbasis CV atau PT skala kecil harus sudah bisa segera saya miliki. Saya terpicu untuk segera membuat badan usaha karena saya sudah 2x menolak tender dari 2 perusahaan besar yg datang ke saya. Saya tidak bisa menerima karena mereka mensyaratkan harus memiliki badan usaha. Sangat disayangkan bukan? padahal nilai per tender bisa ratusan juta.

8. Lakukan management waktu terhadap pekerjaan anda

Hal ini bisa anda lakukan misalnya seperti membuat jam kerja yang pasti, misalnya hari kerja dari senin - sabtu, jam kerja dari jam 08:00 - 17:00

9. Buat sistem kerja anda

Anda bisa membuat sistem kerja sendiri yang menurut anda efektif dan bisa mempermudah pekerjaan anda. Sistem kerja anda jika bisa anda jabarkan di dalam TOS anda (TERM OF SERVICE atau PERJANJIAN KERJA). Jabarkan TOS anda di website anda. Hal ini penting, terutama untuk mengatasi klien rewel yang banyak mau nya, yang nanti akan menyulitkan anda sendiri jika tidak ada TOS yang pasti. Saya pun sedang menyempurnakan sistem kerja saya saat ini.

Nah untuk saat ini itu saja tips dari saya. Semua ini saya jabarkan berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat untuk anda.

Terimakasih

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.