Sabtu, 26 Maret 2011

0 Search Engine Gabungan Bing Dan Google


Kali ini duel masih berlangsung. Bahkan lebih seru, soalnya kita langsung bisa menilai akurasi hasil pencarian keduanya dalam satu window browser.


Ya. Anda tak perlu repot-repot lagi membuka 2 tab untuk mengetes hasil pencarian google dan bing pada kata kunci (keyword) yang sama. Sekarang Anda cukup memanfaatkan layanan sebuah situs yang mempunyai nama domain sangat unik (mirip dengan duel kedua mesin pencari tersebut).

Situs tersebut yaitu www.bing-vs-google.com
Setelah mengunjungi link di atas, Anda akan disuguhkan tampilan antarmuka yang sangat sederhana. Cuma berisi sebuah kolom pencarian dan sedikit keterangan di bagian bawahnya. Lihat saja pada gambar berikut.

kolom pencarian

Nah, Anda tinggal memasukkan kata kunci yang ingin dites hasilnya pada kedua ‘search engine’. Cukup isi kolom pencarian di atas dengan kata kunci yang ingin Anda coba — lalu tunggulah selama beberapa detik — maka akan muncul hasil pencarian keduanya dalam satu window (dipisahkan oleh pembatas), seperti yang terlihat pada screenshot di bawah ini.

hasil pencarian
Coba amati hasil pencarian (SERP) dan lalu bandingkanlah! Mana yang menurut Anda lebih akurat dalam menampilkan hasil pencarian? Silakan coba tes dengan minimal 5 kata kunci yang agak spesifik dan tidak dengan teknik pencarian khusus.

Jadi, coba tes saja dengan kebiasaan user awam ketika mencari informasi. Jangan pakai tanda petik di antara kata kunci. Jangan pula menggunakan fitur ‘Advanced’ pada Bing. Tak perlu juga memanfaatkan fitur pencarian tambahan dari google. Lalu lihatlah hasil pencarian keduanya.
Sebagai contoh, coba Anda tes beberapa kata kunci spesifik berikut ini:

Lalu, coba bandingkan hasil pencarian pada google dan bing! (tanpa kustomisasi pencarian atau teknik khusus). Coba juga dengan berbagai kata kunci lainnya.
Menurut Anda, mana yang lebih akurat dan tidak ‘ngaco’?

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.