Senin, 25 April 2011

0 TUTORIAL MEMBUAT FLASH THEME

1. Software Sothink SWF Decompiler
2. Adobe Flash (Saya menggunakan versi CS3)
(untuk macromedia flash agak sedikit berbeda dan membutuhkan plugin tambahan untuk export ke flash lite 2.1)
3. Templete .swf bisa di download di salah satu FLASH THEME BUATAN ANE DI PAGE 1
4. background dan icon2 sesuai keinginan kita (nantinya akan ada icon unselected dan selected)
5. kesabaran, ketelitian, kreatifitas. wekekekekekekek


mengEXPORT file.SWF ke file.FLA

1. open (bisa drag n drop) file.swf ke sothink SWF Decompiler
2. centang semua box di sebelah kanan (lihat gambar)
3. klik export to fla (lihat gambar)
Spoiler for PERHATIKAN:

4. SELESAI


Mengedit/menciptakan flash theme sesuai keinginan kita

1. buka file.fla yg tadi sudah di export

2. perhatikan struktur window adobe flash
Spoiler for PERHATIKAN:


3. di sebelah kanan ada window LIBRARY tempat semua background dan icon di import. (ada IMAGE, SHAPE dan SPRITE)
(bila tidak ada bisa di munculkan dengan memilih tools WINDOW-LIBRARY)
ditengah tampilan background theme.

4. untuk mengganti background dan icon (tertulis image 1, image 2, dll) klik 2x logo pohon di library
tips: - icon2 ada banyak sekali jd lbh baik lihat templete.swf untuk mrubah icon2 apa aja yg perlu di ganti
- icon2 yg lain tdk perlu di kutak-atik krn akan percuma
- icon2 akan tersusun berurutan, yaitu icon UNSELECTED dan icon SELECTED (perhatikan pixelnya biasanya pixel yg kecil itu yg unselected)
Spoiler for PERHATIKAN:




5. meRESIZE font. klik 2x pada box titik-titik di tampilan backgorund theme (lihat gambar) (tutor ini jg berlaku utk meRESIZE widget.SWF)
Spoiler for PERHATIKAN:


6. melihat skrip dan mengedit nama icon. klik F9 pada keyboard atau di menu WINDOW-ACTIONS. (liahat gambar)
akan muncul window kosong. klik ACTIONS LAYER (di bawah scene 1) ada di sblah kiri. Maka akan mucul skrip2.
skrol ke bawah sampai nemu CASE "DEFAULT". karena kita make yg default utk icon yg akan muncul
Spoiler for PERHATIKAN:


7. SELESAI. untuk melihat tampilah akhir klik menu FILE-PUBLISH PREVIEW-FLASH.

8. kalau sudah sesuai keinginan export ke .swf. klik menu FILE-EXPORT-EXPORT MOVIE
pilih save as type flash movie (.swf) beri nama lalu klik SAVE

9. akan muncul
Spoiler for PERHATIKAN:


SELESAI!!!


BAGAIMANA MENGGABUNGKAN DENGAN TEMA AGAN?

1. Buka file.thm dengan SONY ERICSSON THEMES CREATOR

2. COPY: lalu klik menu XML paste di paling bawah skrip

3. Rubah nama SOURCE sesuai nama file.swf agan (misal: templete di ganti jadi Belzebub)
Spoiler for PERHATIKAN:


4. klik OK dan SAVE tema agan.

SELESAI FLASH THEMES DAPAT DI SUNTIKAN KE NAITE TERCINTA

SEKIAN TUTOR FLASH THEME ANE!!! kalau kurang jelas silahkan di tanyakan..

yg ada boleh di bagi.....

tambahan: agan bisa cari2 flash theme lain untuk jadi templete. cara rubahnya sama kok hanya saja ada sebagian flashtheme yg memang tdk bisa di rubah2 (pas jadi biasanya bakal kedap-kedip/blank).
cara mastiin flashtheme yg agan mo rubah2 bisa di edit or kagak dengan melihat hasil akhir jadinya DENGAN MENGKLIK; FILE-PUBLIC PREVIEW-FLASH, sebelum memulai pengeditan. Kalau semua iconnya keluar dan bisa di gerakan berarti templete itu bisa di edit2 dan agan2 bisa mulai membuat icon sendiri.

GOOD LUCK!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.