Jumat, 01 Oktober 2010

0 Tips | 7 Langkah Mudah Untuk Bersih-Bersih Harddisk Computer

Hard disk adalah salah satu komponen yang sangat penting di dalam Computer, coba saja kamu perhatikan fungsinya yang begitu vital , selain sebagai tempat penyimpan file instalasi Windows, juga digunakan sebagai tempat penyimpanan semua data-data pribadi kamu tentunya. Oleh karena itu rawatlah dia seperti merawat dirimu sendiri, jangan tunggu sampai Harddisk computer ngambek. Tahukan artinya? computer kamu akan mati atau Hang dibuatnya. Nah sebagai tips dasar pemeliharaan dan bersih-bersih Harddisk dapat kamu lakukan tanpa menggunakan bantuan aplikasi luar ( Third Party Application ). Terutama yang paling penting dijelaskan di sini adalah, bagaimana cara membersihkan harddisk dari file-file sampah secara manual, sehingga diharapkan akan mendapatkan sisa ruang kosong kembali di dalam harddisk yang sudah penuh sesak oleh data.
Silakan ikuti sedikit tutorial bersih-bersih Harddisk di bawah ini, semoga dapat membantu sobat sekalian yang lagi memerlukannya.
(1). Mengosongkan Folder Sementara yang dipakai oleh Windows

a). Matikan semua program yang sedang berjalan

b). Masuk ke foder C:\Windows Temp atau Folder C:\Temp ( Saya menganggap di sini Sistem operasi Windows terinstall di Drive C ). Di folder inilah biasanya windows dan aplikasi pendukungnya meletakkan file sementara pada saat proses installasi aplikasi. Yang menjadi persoalan adalah, ada beberapa aplikasi yang masih saja meninggalkan sisa-sisa file nya di situ, walaupun aplikasi tersebut sudah di hapus dari Windows. Dan parahnya lagi kapasitas Harddisk yang dipakai cukup besar, sehingga sangat membebani Harddisk.

Untuk memeriksanya kamu dapat klik kanan pada folder C:\Windows Temp , lalu klik Properties dan lihat berapa kapasitas Harddisk yang dipakainya. Untuk menghapus file-file ini kamu dapat memilih semua file dengan cara menekan tombol keyboard ( Control + A ), dan setelah itu tekan tombol ( Shift + Del ) agar file dapat langsung terhapus tanpa melalui Recycle Bin.
(2). Bersihkan Folder Sementara Browser Internet

a). Browser Internet menyimpan beberapa file Temp nya di Harddisk, hal ini dimaksudkan agar Browser internet tersebut dapat membuka kembali dengan cepat situs Web yang telah dikunjungi sebelumnya. Biasanya di Windows XP file temp ini disimpan di C:\Document and Setting\User-name\Local Setting\Temporary Internet\Files\. Dan untuk pengguna Windows Vista Folder Temp ini biasanya terletak pada folder C:\Users\User-name\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\.

b). Hapus saja semua file sementara Browser Internet ini, caranya sama seperti membersihkan file sementara Windows yang telah kamu praktekkan di atas tadi. Tapi sebelumnya perlu kamu perhatikan folder file sementara Browser ini adalah dalam posisi disembunyikan ( Hidden files ), maka dari itu Gunakan fitur View files Hidden di Folder Option.
(--) Cara nya untuk Windows Vista masuk ke Start pilih Computer, lalu pada Menu computer pilih pada Tab Organize ==> Folder And Search Options. Lalu pada jendela Folder And Search Options pilih Tab View kemudian pada pilihan Hidden Files and Folders beri tanda cek pada pilihan Show Hidden Files and Folders.

(--) Sedangkan untuk Windows XP caranya masuk ke My Computer, lalu pilih Tab Tools ==> Folder options, klik pada Tab View ==> lalu beri tanda pada pilihan Show Files and Folders.


c). Agar supaya ruangan Harddisk tidak terpakai terlalu banyak untuk penyimpanan file temp internet ini, beberapa Browser internet , bisa di setel agar tidak menggunakan ruangan Harddisk yang berlebihan. Contohnya pada Browser Internet Explorer 8, pengaturannya dapat dilakukan pada menu Internet Options, pada bagian Browsing History klik Setting, kemudian pada kotak yang muncul aturlah kapasitas Harddisk yang ingin kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan file sementara Internet.
(3). Bersihkan Tong Sampah ( Recycle Bin)

Ini juga perlu diingatkan walaupun semuanya sih pasti udah tahu. Pada saat kamu menghapus secara normal sebuah file di harddisk, pastinya file itu akan singgah dulu di tong Sampah alias Recycle Bin. Saya anjurkan kamu memeriksa secara rutin si tong sampah ini, siapa tahu sudah terlalu banyak sekali file tak berguna yang disimpannya, dobel klik pada ikon Recycle Bin untuk melihatnya, atau klik kanan pada ikon Recycle Bin lalu pilih Empty Recycle Bin.

(4). Hapus Aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi

Masuk ke Control Panel, pada Sistem Operasi Windows XP pilih ( Add and Remove Programs ) dan di Windows Vista pilih ( Programs and Features). Lihat dan perhatikan aplikasi-aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah kamu gunakan . Hapus program tersebut dari computer kamu. Toh nanti kalau kamu perlu tinggal install lagi, kalau tak bisa tinggal suruh teman saja yang pasangin lagi.

(5). Lakukan Defrag Hard disk secara berkala
Defrag harddisk ini berguna untuk merapikan struktur file-file yang tersimpan di dalam harddisk, sehingga sedikit tidaknya akan di dapat sedikit ruangan kosong di dalam harddisk. Selain itu Harddisk computer akan menjadi lebih sehat serta dapat diakses dengan cepat oleh Windows,
a). Untuk pengguna Windows XP, silakan kamu masuk ke Start ==> All Programs ==> Accessories ==> System Tools ==> Disk Defragmenter,

b). Sedangkan untuk pengguna Windows Vista untuk melakukan Defrag Harddisk kamu bisa masuk ke Start ==> All Programs ==> Accessories ==> System Tools ==> Disk Defragmenter. Atau Masuk ke Start pada kotak form Start Search ketikkan ( Defragmenter ), lalu klik pada tulisan yang muncul yakni Disk Defragmenter
(6). Periksa Error di Harddisk

Jalankan Scandisk di computer untuk memeriksa kesehatan Harddisk kamu, siapa tahu ada bagian yang error di dalam harddisk sehingga cepat diketahui dan segera diambil tindakan perbaikan lebih lanjut.

a). Pada Windows Vista kamu harus bertindak sebagai Administrator untuk melakukan hal ini, masuk ke menu ( Start ), lalu pada kolom Start Search ketikkan ( chkdsk.exe) lalu tekan Enter. Atau Klik kanan pada chkdsk.exe, lalu pilih ( Run As Administrator ).
b). Sedangkan pada Windows XP kamu harus kudu masuk ke menu Start ==> Run, lalu ketikkan chkdsk.exe, maka jendela aplikasi ScanDisk akan berjalan. Atau dapat juga kamu lakukan dengan cara masuk ke My Computer kemudian klik kanan salah satu Harddisk yang ingin di cekUp, lalu pilih Properties, setelah itu pilih Tab Tools klik pada pilihan Check Now, kemudian beri tanda centang pada semua pilihan yang ada, terakhir klik tombol Start.



a).
Pada Windows Vista kamu harus bertindak sebagai Administrator untuk melakukan hal ini, masuk ke menu ( Start ), lalu pada kolom Start Search ketikkan ( chkdsk.exe) lalu tekan Enter. Atau Klik kanan pada chkdsk.exe, lalu pilih ( Run As Administrator ).

b). Sedangkan pada Windows XP kamu harus kudu masuk ke menu Start ==> Run, lalu ketikkan chkdsk.exe, maka jendela aplikasi ScanDisk akan berjalan. Atau dapat juga kamu lakukan dengan cara masuk ke My Computer kemudian klik kanan salah satu Harddisk yang ingin di cekUp, lalu pilih Properties, setelah itu pilih Tab Tools klik pada pilihan Check Now, kemudian beri tanda centang pada semua pilihan yang ada, terakhir klik tombol Start.
(7). Simpan File Di Tempat Penyimpanan Lain
Untuk file-file yang enggan untuk kamu buang selamanya, pindahkan saja pada tempat penyimpanan lainnya, semisal USB Flash Disk, atau membakarnya ke dalam keping DVD, gunakan saja program burning yang kecil ringan dan gratisan. Untuk aplikasi Burning Gratisan dapat kamu lihat di sini!

 
 


 

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.