Jumat, 18 Maret 2011

0 ESET Mail Security Kini Sudah Compatible dengan Zimbara




Jakarta, CHIP.co.id - ESET dengan varian produknya terbarunya, ESET Mail Security, telah mampu diintegrasikan ke dalam Sistem Aplikasi Mail Server Zimbra.
Kehadiran ESET Mail Security untuk Zimbra dipastikan akan melengkapi Zimbra dengan fitur-fitur yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan untuk menjamin keamanan email dalam jaringan, filter antispam, sekaligus antivirus. Sehingga dengan demikian ESET Mail Security bisa menjadi jawaban atas keterbatasan dalam system keamanan mail server dengan kemampuan deteksi dan scanning yang cepat, dan tidak membutuhkan memory yang besar.

Saat ini telah banyak dikenal aplikasi mail server baik aplikasi yang harus dibeli maupun yang open source. Bagi para administrator dan profesional dibidang IT akan berpaling ke Zimbra Open Source Edition untuk mendapatkan fitur lebih dari sekedar mail server.

Zimbra Collaboration Server hingga saat ini masih merupakan  aplikasi mail server open source yang memiliki fitur dan kemampuan terbaik yang mampu mendorong produktifitas perusahaan sehingga membuatnya menjadi mail server yang fleksibel, modular dan stabil. Kemampuan kolaborasi (email/address book/calendar/scheduller/webmail) merupakan fitur yang dicari karena sudah menyerupai applikasi sejenis berbasis Windows.
Mail server (dikenal juga dengan mail transfer agent - MTA, mail transport agent, mail router atau Internet mailer), adalah aplikasi untuk pengoperasion traffic email dari para user yang berada di dalam sebuah jaringan.

Traffic email tersebut meliputi tidak hanya email yang masuk, tetapi juga email keluar, forward email. Mail server bekerja dengan mengkolaborasi program dengan program lainnya, berintegrasi sehingga membentuk sebuah system tersendiri yang dikenal sebagai messaging system. Aplikasi-aplikasi yang terdapat didalam sebuah messaging system terdiri dari aplikasi yang dibutuhkan agar fitur dan lalu lintas email bisa bekerja sesuai kebutuhan.
Salah satu aplikasi standard yang diintegrasikan ke dalam aplikasi mail server adalah tentu saja aplikasi keamanan. Seiring dengan meningkatnya serangan cyber threats dengan memanfaatkan berbagai cara termasuk email, maka aplikasi keamanan menjadi kelengkapan wajib bagi mail server, apapun OS yang digunakan.
Zimbra sebagai aplikasi mail server sebenarnya telah dilengkapi dengan dua aplikasi keamanan, masing-masing dengan fitur terbatas yaitu antispam filter dari SpamAssassin dan ClamAv sebagai antivirus yang keduanya merupakan aplikasi opensource.
“Mail server telah menjadi kebutuhan, karena tingginya frekuensi komunikasi dan networking. Di sisi lain akan memunculkan kebutuhan baru yaitu untuk menjamin keamanan baik data maupun filtering spam, scanning email keluar – masuk. Kompatibilitas ESET Mail Security dengan Zimbra adalah kombinasi ideal yang mampu bekerja efektif dan efisien dalam memberikan dukungan proteksi dan tidak menjadi beban bagi server administrator,” demikian disampaikan  Yudhi Kukuh, Technical Consultant, PT. Prosperita-ESET Indonesia.
Kemampuan lain yang dimiliki ESET Mail Security untuk Zimbra:
  • Menggunakan ESET Antivirus NOD32 multithreat scanning engine yang sudah terkenal dan memiliki tingkat kemampuan dan kecepatan yang tinggi dalam deteksi
  • ESET Antispam yang terintegrasi dengan baik
  • Bisa dioperasikan baik pada unit single-processor maupun multi-processor
  • Kompatibel dengan virtual server, berguna bila Zimbra terdapat pada virtual machine
    Bekerja pada MTA, bukan pada sisi applikasi
  • Dapat diintegrasikan dengan ESET Remote Administrator bagi user ESET yang sudah memiliki produk ESET edisi bisnis
  • Advance Heuristics Engine sebagai kekuatan utama ESET yang mampu mendeteksi Worm dan back-doors
  • Sistem archivers, unpack archived objects (zip,rar, dll) yang sudah Built-in sehingga tidak diperlukan program tambahan lain
  • Arsitektur berbasis daemon (resident program) dimana permintaan scanning dikirimkan untuk meningkatkan performa, kecepatan tapi tetap efisien
  • System bisa di konfigure untuk bisa menyampaikan pemberitahuan kepada Administrator dalam jaringan, jika dideteksi adanya infiltrasi malware maupun cyber threat yang lain
Dengan performa yang dimiliki ESET tersebut, para IT profesional tidak perlu mengorbankan kinerja system server untuk memaksimalkan system keamanan demikian pula sebaliknya. Kehadiran ESET Mail Security akan memproteksi data email bisnis tetap aman dan membuat kinerja keduanya -system server dan keamanan-  mampu bekerja secara optimal.

Yudhi mengingatkan kembali kepada para pengguna antivirus, bahwa ESET Mail Security bisa bekerja secara efisien, hanya membutuhkan hard disk 16MB dan RAM hanya  32MB pada Linux OS kernel 2.2.x, 2.4.x and 2.6.x.

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.