Selasa, 29 Maret 2011

0 Jebakan Link Pada Facebook (Jebakan Betmen)


Populernya Facebook membuat orang iseng memanfaatkan kreativitas mereka yang mengganggu orang lain. Paling anyar muncul link pendek yang jika di-klik akan melakukan posting tanpa persetujuan pemilik akun.

Sebelumnya posting tanpa permisi ini muncul dari luar negeri namun barau-baru ini juga muncul edisi bahasa Indonesia yang telah banyak menular ke pemakai Facebook tanah air. 

Contoh pesan-pesan jebakan di Facebook ini adalah:

 jangan salahin w kalo lo bakal ngakak ngeliat ni orang :D http://tinyurl.com/***pahh
 
   hiks..hiks..hiks..barusan mampir dari http://goo.gl/***vc KEREN bgt swearr.. buruan...mampir

Jika link tersebut Anda klik maka wall Anda juga akan mem-posting "berita" serupa yang seolah-olah memang dari Anda. Jebakan "betmen" seperti ini menggunakan metode Cross Site Scripting (XSS) yang juga memanfaatkan layanan pemendek URL.
 
Pengguna mobile agaknya paling rentan terkena serangan ini mengingat sekuritinya tidak seketat pengguna browser desktop. Untuk terhindar dari jebakan macam ini disarankan tidak meng-klik link yang sudah diperpendek karena alamat aslinya jadi sulit diketahui.

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.