Kamis, 23 Desember 2010

0 Penemu-penemu yang Terbunuh Oleh Penemuannya Sendiri

Banyak ilmuwan yang telah menemukan hal-hal baru yang bisa kita nikmati sekarang. Tahukah anda bahwa tidak semua temuan itu bermanfaat bagi mereka-mereka yang telah menemukannya. Berikut ini adalah penemu-penemu yang meninggal atau tepatnya terbunuh oleh penemuannya sendiri:
Marie Curie
Ia merupakan fisikawan dan kimiawan terkenal yg menemukan beberapa elemen baru, seperti radium dan polonium, dan juga beberapa teori seperti teori radioaktivitas dan isolasi isotop radioaktif. Ia meninggal pada 4 Juli 1934 karena menderita aplastic anaemia.

Marie Curie
Thomas Midgley Jr
Ia merupakan kimiawan dari Amerika yang menemukan minyak bertimbal dan CFC. Ia bertanggung jawab atas banyak kerugian yg disebabkan oleh kerusakan atmosfer karena penemuannya itu. Akhirnya ia menderita Polio dan keracunan timbal dan juga cacat. Ia meninggal pada usia 55 tahun. Akhirnya pencipta polutan pun mati karena polutan yang dibuatnya.

Thomas Midgley Jr
J. G. Parry-Thomas
Ia merupakan seorang pengendara sekaligus montir motor-balap Welsh. Ia selalu bermimpi untuk dapat memecahkan rekor tercepat di darat yg pernah diset oleh Malcolm Campbell, dan mulai membuat sebuah mobil untuk melakukannya. Ia membuat sebuah mobil bernama Babs, yg memiliki banyak modifikasi. Pada 27 April 1926, ia berhasil memecah rekor tersebut, namun berhasil dipecahkan lagi oleh Campbell 2 tahun kemudian. Dalam usaha memecahkan rekor itu kembali, salah satu rantai terlepas dan melayang ke lehernya, seketika itu juga lehernya terpenggal dan ia tewas seketika.

J. G. Parry-Thomas
William Bullock
Ia merupakan penemu dari Amerika yg menemukan mesin cetak pada tahun 1863. Ia meninggal ketika berusaha untuk membetulkan mesin cetaknya. Kakinya masuk ke dalam mesin ketika berusaha menendang sebuah kerekan ke tempatnya. Akhirnya kakinya hancur dan ia meninggal selama operasi pengamputasian kakinya.

Mesin cetak hasil penemuan William Bullock
Otto Lilienthal
Ia merupakan seorang pionir dalam pembuatan glider sehingga ia dijuluki Glider King. Ia merupakan orang pertama yang berhasil melakukan penerbangan gliding berkali-kali. Pada penerbangan pada 9 Agustus 1896, ia terjatuh setinggi 17 meter dan mematahkan tulang belakangnya. Ia meninggal keesokan harinya. Kata-kata terakhirnya: “Pengorbanan kecil harus dilakukan!“.

Otto Lilienthal
Franz Reichelt
Ia merupakan penjahit Austria yang terkenal pembuatan parasut hibrid yg aneh yang diklaimnya dapat membuat pemakainya dapat dengan sangat lembut mencapai tanah atau bahkan bisa juga untuk terbang. Ia melakukan eksperimen dari dek pertama di menara Eiffel dan ia terjun bebas ke tanah lalu meninggal..

Franz Reichelt
Karel Soucek
Ia merupakan stuntman Kanada yg terkenal dengan penemuannya berupa sebuah “kapsul” yg digunakannya untuk berseluncur di Air Terjun Niagara. Ia tetap hidup, namun menderita beberapa luka-luka. Pada 1985, ia meyakinkan sebuah perusahaan untuk mendanai sebuah percobaan yang sama tapi dilakukan dari Houston Astrodome di Texas. Air terjun khusus dibuat dari atas bangunan setinggi 180 kaki, dengan sebuah plunge pit di bawahnya. Namun, percobaan ternyata gagal, Soucek tidak sampai di plunge pit yang disediakan. Ia mengalami luka serius dan meninggal keesokan harinya.

Karel Soucek
Cowper Phipps Coles
Ia merupakan Royal Navy Captain yang menemukan mesin turet berputar untuk kapal perang selama Crimean War. Setelah perang, ia mematenkan penemuannya itu dan mulai membangun kapalnya sendiri dengan menggunakan desain yang ia buat sebelumnya. Kapalnya diberi nama HMS Captain, yang membutuhkan beberapa modifikasi yang berbahaya dan tidak biasa, termasuk “hurricane deck” yang meningkatkan pusat gravitasi kapal. Pada tanggal 6 Sept 1870, HMS Captain terbalik dan membunuh Coles beserta 500 kru kapalnya.

Cowper Phipps Coles
Alexander Bogdanov
Ia merupakan fisikawan, filosofer, ekonomis, penulis sci-fi, dan revolusioner Rusia yang sangat terkenal. Salah satu eksperimen ilmiahnya adalah ide untuk peremajaan kembali (rejuvenation) melalui transfusi darah. Setelah melakukan banyak transfusi darah untuk orang-orang terkenal, termasuk saudara perempuannya Lenin, ia memutuskan untuk mentransfusi darah dari pasien lain ke dirinya sendiri. Pasien itu mengidap malaria dan tuberkulosis (TBC). Akibatnya, dia mati beberapa saat setelah transfusi.



Alexander Bogdanov
Henry Winstanley
Ia merupakan arsitek lighthouse (mercusuar) yang sangat terkenal yang membangun mercusuar Eddystone. Ia tadinya ingin mengetes kekuatan mercusuar buatannya, sehingga ia berada di dalam mercusuar itu pada saat badai. Tapi nyatanya mercusuarnya roboh dan membunuhnya beserta lima orang lainnya.

Henry Winstanley

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.