Rabu, 30 Maret 2011

0 Cara Membuat Jaringan HOTSPOT sendiri

sedikit ILMU yg saya dapatkan dari membaca dan menelusuri dunia MAYA....
Hanya dengan bermodal laptop dan modem internet saja kita sudah bisa membuat hotspot sendiri caranya.
Pertama : Install dan Setting Modem
Mungkin langkah ini akan berbeda tergantung tiap-tiap modem atau operator yang anda gunakan namun gambaran secara umum adalah berikut ini.- Pasang modem anda
- Install driver modem yang disertakan ketika anda membeli modem
- Setting modem meliputi APN, Username, Password dsb.
- Tes apakah sudah berhasil terhubung ke internet
- selesai
Kedua : Setting agar semua komputer dapat terhubung ke hotspot
Setting agar semua komputer yang terhubung ke hotspot nantinya agar bisa mengakses internet caranya :- Masuk ke Control Panel-Network Connection- pilih Network connection yang kita gunakan untuk akses ke internet ( disini mis menggunakan Modem Wireless 3G yaitu pada “Wireless Network Connection 2?, kemudian klik kanan-pilih Properties.- Pilih Tab Advanced, beri tanda centang pada opsi “Allow other network user to connect through this computer’s internet connection. Pilih Home Networking Connection yang diizinkan ( dalam hal ini adalah network yang menjadi hotspot kita yaitu “Wireless Network Connection). Kemudian Klik OK. Secara otomatis Komputer yang terkoneksi dengan internet di set sebagai gateway.
Ketiga : Setting Jaringan Wireless Ad-Hoc pada laptop
Apakah anda tahu bahwa Anda bisa me-setup jaringan Wireless Adhoc untuk menshare koneksi internet di rumah tanpa harus menggunakan router atau switch?? Tentu saja anda bisa. Anda juga bisa menggunakannya untuk men-share file atau printer antara 2 atau lebih komputer dengan jaringan wireless. Perlu diketahui bahwa Anda bisa mempunyai 9 jaringan, dimana komputer bisa mengirimkaan data secara langsung satu sama lain. Kelemahan dari jaringan ini adalah jangkauannya yang terbatas. Anda akan perlu router wireless atau akses poin untuk jangkauan jaringan wireless yang lebih luas.Alokasi Alamat IPAnda bisa mengalokasikan alamat IP untuk setiap komputer yang masuk ken jaringan Ad-hoc wireless. JIka Anda menggunakan 3 komputer, Anda bisa dengan mudah meng-assign 192.168.0.1, 192.168.0.2,192.168.0.3 ke masing-masing komputer dengan netmask 255.255.255.0.Catatan : Jika Anda mempunyai Internet Connection Sharing yang di-enable pada host komputer, Anda bisa men-setup komputer klien untuk mendapat alamat IP secara otomatis, kemudian komputer-komputer tersebut akan bisa mengakses ke Internet.
Konfigurasi Komputer Host

* Klik Start -> Control Panel -> Network Connections.
* Klik kanan pada wireless network connection, lalu klik Properties
* Pada Wireless Network Connection Properties, klik tab Wireless Networks.
* Klik Add pada bagian Preferred networks.
* Selanjutnya isilah Network Name (SSID) untuk jaringan yang akan Anda buat.
* Jangan lupa untuk mencentang check box This is a computer-to-computer (ad hoc)network: wireless access point are not used.
* Anda juga dapat membubuhkan WEP Password agar koneksi anda aman.
* Klik OK dan OK lagi untuk menyimpan konfigurasi Anda.

Konfigurasi Komputer KlienWindows XP otomatis akan mendeteksi jika ada Wireless Network yang aktif

* Klik kanan pada icon Wireless Network yang berada pada taskbar, lalu klik View Available Wireless Networks.

* Wireless Network Connection akan menampilkan list SSID wireless anda. Klik SSID wireless Anda lalu klik Connect .

Jika pada komputer host , Anda bubuhkan WEP Password maka windows XP meminta anda untuk mengisi password sebelum anda terkoneksi ke jaringan Ad Hoc Anda.

semoga bermanfaat,,,,

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.