Jumat, 01 April 2011

0 Meningkatkan Kecepatan Browsing Website Dengan Google Page Speed!


Ada yang baru di Google Labs. Apa itu? Dengan sigap kami segera mengecek kebenarannya. Kali ini telah hadir layanan Page Speed Online yang mana dapat membantu Anda mengetes langsung performa loading halaman dari website ataupun blog Anda. Kami langsung mengetikkan URL ‘beritateknologi.com’, dan segera muncul hasil poin 76 (dari skala 100) ketika menganalisa kecepatan akses melalui komputer. Sedangkan mobile site ‘beritateknologi.com’ sendiri memiliki poin yang lebih besar yaitu 85 dari skala 100. Muncul pula beberapa masukkan mengenai bagaimana mempercepat performa loading halaman website ini. Ingin mencoba?

Sebagai perusahaan raksasa penyedia layanan mesin pencari ternama, Google terus berinovasi menghadirkan layanan-layanan barunya. Hanya dalam waktu seminggu setelah Google memperkenalkan ekstensi Page Speed pada Google Chrome, kini Google menyediakan layanan Page Speed berbasis web, tak perlu lagi menginstall aplikasi atau eksensi tertentu, cukup gunakan Page Speed berbasis web ini, maka para developer pengembang web akan dapat dengan mudah menganalisa kecepatan dari website yang telah dibuatnya.
Kabar baiknya lagi, kini para developer website mobile dapat pula mengetes kecepatan dari website mobile dengan menggunakan Page Speed ini.

“Di Google, kami sedang berjuang untuk membuat seluruh website agar lebih cepat waktu loadingnya. Sebagai bagian dari upaya itu, kami meluncurkan sebuah alat berbasis web di Google Labs, Page Speed Online namanya, yang mana dapat menganalisa performa halaman web dan memberikan masukan-masukan bagaimana agar halaman tersebut diakses lebih cepat lagi,” tutur Andrew Oates dan Richard Rabbat, anggota tim Google yang khusus mengembangkan Page Speed Online.


Layanan online pengukur kecepatan loading halaman web ini dibuat sesederhana mungkin, dimana Anda harus memasukkan URL website Anda dan selanjutnya tinggal submit, maka akan tampil berapa kecepatan speed loading dari halaman tersebut dengan skala 1 sampai 100. Selain itu ditampilkan pula informasi bagaimana caranya agar halaman tersebut bisa lebih cepat lagi diakses nantinya.

Untuk saat ini, juga telah tersedia fitur untuk mengecek performa halaman mobile site, yang mana Anda akan dengan mudah beralih antara web yang diakses melalui pengguna desktop dan juga pengguna mobile.
“Kami telah menambahkan sebuah fitur baru yaitu kemampuan untuk menampilkan masukan-masukan untuk mempercepat performa halaman mobile site, khususnya yang diakses melalui smartphone. ” tambah duo perwakilan Google tersebut.

“Karena kemampuan CPU relatif terbatas pada perangkat mobile, begitu juga dengan kapasitas jaringan yang digunakan serta perkembangan teknologi ponsel saat ini, rasanya hal ini bisa dipahami agar performa mobile site semakin optimal bahkan justru ini lebih penting lagi prioritasnya ketimbang website yang diakses melalui komputer.” lanjut keduanya.

Nah, tunggu apa lagi? Silahkan cek langsung kecepatan dari website ataupun blog Anda! Siapa tau dengan melihat masukan-masukan yang diberikan oleh Google Page Speed tersebut bisa mempercepat performa halaman website Anda.

Artikel by : BeritaTeknologi.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.