Jumat, 02 Desember 2011

0 Cara Merubah Warna Mata Foto Menggunakan Photoshop


Ubah warna mata image di photoshop 1

Mungkin pada awalnya Anda berpikir mengubah warna mata merupakan hal yang sulit. Tapi sebenarnya Anda hanya cukup melakukan beberapa langkah sederhana. Ada banyak cara mengubah warna bola mata. Di sini saya menggunakan Adjustment Layer untuk mengubah warna mata cerah (hijau atau biru). Hasil Akhirnya dapat Anda lihat seperti gambar berikut:
Anda akan lihat kemampuan programmer Adobe dalam merancang fasilitas Adjusmet Layeryang menarik. Dengan tool ini pula Anda nanti bisa mengubah warna mata pada gambar hasil jepretan Anda sendiri atau foto artis yang terkenal keindahan matanya..


Untuk mengubah tampilan mata seperti diatas, ikuti langkah berikut:

1. Buka file
Ubah warna mata image di photoshop 2

2. Selanjutnya kita akan buat Adjustment Layer yang saya katakan sebelumnya. Pilih Layer > New Adjustment Layer > Hue/Saturation. Atau dari Panel Layer, ikuti seperti gambar di bawah. Pilih Checkbox Colorize kemudian tentukan nilai Hue sesuai keinginan.

Ubah warna mata image di photoshop 3

3. Klik Layer Mask pada Layer Hue/Saturation, Pilih Paint Bucket Tool. Kita perlu mengubah seluruh warna layer mask ini menjadi hitam. Saya asumsikan Anda sudah menguasai Layer Mask namun jika merasa perlu, Anda dapat mengikuti tip&trik tentang Layer Mask terlebih dulu.

Ubah warna mata image di photoshop 4

4. Pilih Brush Tool, tentukan Hardness 60% (dari dari Window > Brushes atau tekan F5). Pilih warna Putih.

Ubah warna mata image di photoshop 5

5. Atur ukuran Brush sehingga ukurannya kurang lebih sebesar iris mata yang akan kita ubah warnanya. Klik untuk membuat lubang putih pada layer mask hitam yang sudah kita buat sebelumnya.

Ubah warna mata image di photoshop 6

6. Sampai di sini, Anda sudah dapat melihat perubahan warna mata yang Anda buat, namun jika dicermati akan tampak belum realistis. Lanjutkan dengan mengubah Mode Layer Hue/Saturation Anda menjadi Overlay. Ubah juga Opacity menjadi 75%.

Ubah warna mata image di photoshop 7

Mode Layer yang Anda ubah akan mempengaruhi bagaimana seluruh perubahan pada gambar ditampilkan. Begitulah cara kerja Adjustment Layer.

7. Dobel Klik Layer Hue/Saturation Anda, ubah nilai Hue sesuai keinginan dan tentukan nilaiSaturation menjadi 23, cukup bagus hasilnya. Mudah kan? Nah, dengan cara yang sama kini Anda bisa mengubah warna mata Angelina Jolie menjadi hijau seperti mata kucing

Ubah warna mata image di photoshop
Anda dapat melakukan eksperimen sendiri dengan mengubah nilai Hue and Saturation untuk mendapatkan hasil yang lebih variatif. Bagaimana hasil latihan Anda?


0 komentar:

Posting Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.