Senin, 06 Juni 2011

0 Tips Merawat Kaset Tape / Radio

KASET akan benar-benar menjadi barang langka! Jadi jika dirumah Anda ada tumpukan kotak yang bernama kaset jangan di abaikan. Suatu saat, bukan mustahil dari benda kecil itu kamu bisa mendadak kaya raya! Saat ini, untuk kaset yang berisi lagu tahun 70an seorang kolektor sejati berani membelinya dengan harga 20 hingga USD$50 [!].

Ya, pada awal 70-an kaset memang mulai merajai pasaran. Benda itu berhasil menggeser pamor piringan hitam. Dan selama satu dasawarsa telah terjadi perkembangan musik yang demikian cepat. Grup-grup ngetop pun bermunculan. Para penyanyi yang awalnya mengorbit lewat PH mulai pun tenggelam. Beberapa langsung berpindah ke jalur pita.

Kembali ke judul tulisan ini, jangan buang ke bak sampah kaset-kaset Anda. Mulai sekarang rawatlah dengan baik. Caranya? Tulisan berikutnya mungkin bisa membantu Anda ...
SUARA MENDEM
Ada beberapa cara untuk menormalkan suara dari pita kaset yang terpendam, yaitu:
1. Mengganti busa atau bantalan dimana pita berjalan. Atau istilah pabrik kaset biasa menyebutnya dengan Pressure Pad dan Tape Opening. Anda bisa menggantinya dengan Pressure Pad dari kaset yang sudah rusak.
2. Mengganti Pressure Pad dengan segumpal kapas. Gunakan kapas secukupnya. Jangan terlalu padat.
3. Mengganti Pressure Pad dengan filter rokok putih [Marlboro, A Mild etc]. Gunting filter rokok secukupnya lalu selipkan tapi jangan terlalu padat.
4. Menekuk Pressure Pad ke atas secukupnya. Ini hanya dilakukan jika busa yang menempel pada Pressure Pad masih cukup baik.
5. Cara kelima masukkan dalam kantung plastik transparan, lalu masukkan kulkas selama 15 menit hingga 1 jam. Hindari tetesan air.

HEAD DAN ROLLER TAPE
Suara terpendam bisa diakibatkan pula oleh head dan roller tape yang kotor. Jadi sering-seringlah membersihkan dan memeriksa bagian tersebut. Bersihkan secara berkala [tergantung seberapa sering tape digunakan]. Anda bisa membersihkannya dengan menggosok head dan roller yang berada disebelahnya secara perlahan dengan kertas.
Di bawah tempat penutup kaset pada tape player ada sebuah lubang kecil berdiameter beberapa mili. Lubang itu dibuat bukan tak ada gunanya. Disitu Anda bisa mengatur posisi ketinggian head.
Dan untuk menjangkau baut pegas head itu Anda bisa gunakan obeng min kecil. Putarlah sedikit ke kanan atau ke kiri untuk mengubah performa suara tape Anda. Bagian ini bisa Anda lakukan sambil mendengarkan kaset agar tahu perubahan suara yang terjadi.


JAMUR
Kaset yang tidak digunakan dalam waktu cukup lama akan berjamur. Apalagi bila kaset itu ditaruh ditempat yang kelembabannya cukup tinggi. Cara membersihkannya sebagai berikut:
1. Ganti kotak atau kemasan kaset kalau kemasan yang lama sudah sangat lusuh.
2. Bersihkan bagian dalam kotak dengan kuas kecil yang halus.
3. Bila jamur telah menjalar ke pita kaset, bersihkan dengan kuas halus yang sudah dibasahi alkohol
secukupnya.

CATATAN:
  • Setelah mengganti Pressure Pad, masukan kaset ke dalam tape atau player. Klik tombol Rewind hingga gulungan pita habis. Lakukan rewind ke kanan dan ke kiri 1-2-3 kali. Ini dilakukan untuk mengembalikan posisi pita yang bergeser dari tempatnya.
  • Simpanlah kaset ditempat yang kering.
  • Pita kaset yang berwarna lebih gelap atau kehitaman lebih awet dibanding yang berwarna coklat.
  • Setelah dibekukan dalam kulkas biarkan kaset mengering secara alami. Jangan dijemur diterik matahari apalagi di keringkan dengan hair dryer atau di goreng.
  • Hindari memutar ulang lagu yang sama berkali-kali. Biarkan kaset berputar hingga habis secara alami.
Sekarang tunggulah 10-20 tahun lagi jika Anda ingin mendadak kaya raya. Jika Anda sudah tak sabar, silahkan masukan koleksi kaset Anda yang benar-benar sudah tua ke situs-situs lelang luar negeri! Semakin bagus mutu kasetnya, tentu saja akan semakin mahal harga jualnya. Tertarik? Kenapa diam saja? Mulailah sekarang juga!

Tips By : http://ngesot.multiply.com

0 komentar:

Posting Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.