Sabtu, 08 Oktober 2011

0 Pengenalan 3D Studio Max




3D Studio Max merupakan software grafis 3 dimensi yang menghasilkan gambar visualisasi 3 dimensi yang realistis. Software ini merupakan software yang dikenal mampu menghasilkan citra 3 dimensi yang spektakuler. Mari kita mengenal lebih dekat.
Pertama kali kita membuka program 3ds max, kebanyakan dari kita akan dibingungkan oleh banyaknya tombol-tombol di toolbar. Sebenarnya Untuk awalan kita hanya perlu mengetahui tombol-tombol untuk fungsi dasar.


Tahapan dasar dalam produksi 3d animasi di 3ds max :
1. modelling
2. materialing
3. lightning
4. rendering
( plus animationing sebelum render jika kita mau memproduksi animasi bergerak )




Mulailah Latihan !!

1. create, move, rotate, rescale objek ( bisa dilihat di gambar )



Coba bikin obyek, coba digeser, diputar dan diperbesar.
atau untuk shortcut pake tombol keyboard W (move), E (rotate), R (rescale)

2. material, light, render ( bisa dilihat di gambar bawah )



Coba bikin obyek dikasih material terus dirender, untuk mengaplikasikan material ke objek anda tinggal drag kotak tampilan material yang dipilih ke objek.
Atau untuk shortcut pake M (buka material window), F9 (render gambar). Gambar di jendela render udah bisa di-save dalam bentuk yang dikehendaki yang disupport 3ds max (jpeg, bmp, tga, dan lain sebagainye).


TIPS : untuk shortcut navigasi view gunakan : putar scrol tengah mouse (zoom), tahan tombol tengah + alt + geser mouse (putar view), tahan tombol tengah + geser (geser view/pan)


Sumber: faneltsa3dsmax.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.