Kamis, 07 April 2011

0 Cara Ripping DVD (DVD Rip) Menggunakan Auto Gordian Knot

Kenapa tutorial ini dibuat? saya memiliki banyak sekali dvd dan tentu anda tau bahwa file-file dvd memiliki ukuran skitar 3 - 4 GB. jika file tersebut saya copy langsung ke hardisk tentu akan memakan space yg banyak.
Lalu bagaimana cara supaya dvd tersebut dibuat kedalam satu file dan sizenya jadi berkurang? misalnya menjadi 700MB? untuk itu anda harus melakukan proses Ripping pada DVD tersebut.

Berhubung artikel ini sedikit 'illegal' (karna meripping dvd akan melanggar hak cipta)  maka gunakanlah artikel ini seperlunya saja (misalnya untuk meripping dvd perkawinan anda, dll)

Untuk melakukan Proses ripping, anda memerlukan applikasi ripping, pada artikel ini saya menggunakan applikasi "Auto Gordian Knot (AGK) Stable Version" yang bisa anda download di www.autogk.me.uk kebetulan saya sudah meng-upload ke server lokal yang bisa anda download disini. OK saya anggap anda telah meng-instal applikasi AGK ini.

Berikut ini 7 Langkah konfigurasi applikias AGK yang saya lakukan :
Auto Gordian Knot Configuration


Langkah 1 : Select Input And Ouput file

Pada bagian input file, klik logo folder untuk membrowse dvd yang akan di ripping nanti akan tampil gambar dibawah ini.
Auto Gordian Knot Browse File

File yg mana yang harus di pilih? yang harus anda pilih adalah file dengan extension .IFO (jika tidak tampil ganti sort by detail) nanti akan ada beberapa file dengan extension .IFO , perhatikan gambar diatas terdapat file denga nama VTS_02.0.IFO lalu VTS_02.0.VOB VTS_02_01.VOB s/d VTS_02_4.VOB yang harus anda pilih adalah file dengan nama VTS_02.0.IFO, kenapa file tersbut yg di pilih ? karna fle tersebut mewakili isi dari VTS_02.0.VOB s/d VTS_02_4.VOB dengan size yang cukup besar skitar 1 GB.

Pada Bagian Output file : tentukan letak hasil file yang akan di ripping.

Langkah 2 : Select audio track and subtitle track

Pada kolom Audio track(s) terdapat 2 pilihan, biasanya saya memilih "AC3 6ch" karna hasil audionya sangat bagus, dan karna dvd yang saya ripping tidak memiliki subtitle maka pada kolom sebelah kanan tidak tampil subtitle, tapi jika terdapat subtitle pada dvd yang anda ripping ( jadi illegal nih ) maka akan tampil subtitle di kolom sebelah kanan, pilih subtitle tersebut dan lanjut ke langkah 3

Langkah 3 : Select Output size

Pada bagian ini biasanya saya memilih "Custum size (MB)" dan mengganti sizenya menjadi 700, sehingga hasil ripping dvd akan memakan space sekitar 700 MB (dari 4GB menjadi 700MB tentu akan mengirit space hardisk bukan! )

Langkah 4 (Optional) : klik pada bagian Advanced Setting, dibawah ini adalah gambar konfigurasi yang biasanya saya gunakan.

Auto Gordian Knot Advanced

Langkah 5 : Add Job -> klik tombol ini maka Proses DVD anda akan di masukkan dalam daftar proses (tapi blm di proses lho)

Langkah 6 : Start -> nah jika anda mengklik tombol ini, maka proses Ripping DVD akan dikerjakan

Langkah 7 : Shutdown when done
-> biasanya saya melakukan Ripping DVD pada malam hari sekitar jam 10 malam (lah kok curhat hahahhaha), ketika melakukan ripping saya men-checklist menu ini dan langsung saya tinggal tidur, proses ripping memakan waktu sekitar 2 - 6 jam tergantung spek komputer yang anda gunakan, ketika proses ripping selsai maka komputer anda akan segera di shutdown. dan tentu anda akan menghemat biaya listrik dirumah anda. (Hemat energi, Hemat biaya : slogan PLN :D )
NB : Ada beberapa dvd yang tidak bisa di ripping karna telah di proteksi oleh suatu program khusus untuk mencegah pembajakan, untuk mem-bypass-nya gunakanlah applikasi DVDDecrypter untuk cara penggunaannya silahkan search di google.

0 komentar:

Posting Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.