Kamis, 07 April 2011

0 Yuk, Bongkar System Volume Informaton di Windows XP

Penasaran dengan isi system volume information milik windows XP?? buka aja trus... liat apa aja isinya.....

wakh... ternyata masih Access Denied ya... Kenapa ????
Pada partisi media penyimpanan (harddisk, flashdisk, mmc, dll) dengan file system NTFS, pada umumnya akan ditemui sebuah folder dengan nama System Volume Information. Defaultnya, folder ini tidak akan bisa dibuka, walau menggunakan login administrator sekalipun. Lalu bagaimana cara melihat isi folder System Volume Information ini? Penasaran? sekarang coba pake langkah - langkah berikut...

1. Hilangkan ceklist pada opsi Use simple file sharing (Recommended) pada folder options di tab view.
    lihat gambar dibawah ini :


2. Buka properties dari folder System Volume Information
    Caranya : Klik kanan pada folder system volume information, pilih properties (paling bawah), pilih tab security, disini kita dapat melihat Access Control List (ACL) untuk folder System Volume Information. Defaulnya hanya akan ada satu grup SYSTEM (dengan permission Full Control) saja pada Access Control List.
lihat gambar dibawah ini :


 3. Tambahkan group/user account yang akan digunakan untuk mengakses
     Agar dapat mengakses folder ini, maka kita harus memasukkan group atau user account kita ke dalam ACLnya. Caranya pada box bagian atas, klik tombol add. Setelah muncul window Select User or Groups, masukkan nama user atau grup yang akan diberi permission. Untuk lebih mudahnya, gunakan menu Advance di kiri bawah. Setelah memilih user/group, klik tombol OK. 


 4. Beri permission pada user/group
    Setelah berhasil memasukkan user/group ke dalam ACL, langkah selanjutnya adalah memberikan jenis permission untuk user/group tersebut. Caranya klik nama user/group tersebut pada box atas, kemudian tentukan permissionnya pada box bawah. Defaultnya windows akan memberikan permission Read & Execute untuk user/group yang dimasukkan ke dalam ACL. 
 


5. Test buka Folder System Volume Information
    Setelah memberikan permission (minimal untuk Read atau List Folder Contents), maka seharusnya kita sudah dapat melihat isi dari folder ini. Gambar berikut merupakan contoh isi dari folder ini pada kamputerku tepatnya di partisi C. Isinya dapat bervariasi, tergantung pada konfigurasi komputer kita. Pada komputerku, hanya terdapat 2 buah file, MountPointManagerRemoteDatabase dan tracking.log. Entah apa kegunaan dari kedua file ini. 

 

     Gimana? Mudah kan? Walau sekarang sudah bisa membuka folder System Volume Information, namun sangat disarankan untuk tidak mengutak-atik folder tersebut. Lebih baik kembalikan ACL seperti semula (hanya ada group SYSTEM pada ACL). Kalau terjadi kerusakan, silakan tanggung sendiri ya...

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.