Sabtu, 23 April 2011

0 Cara Menulis Rumus Matematika Di Microsoft Word 2003

Untuk menulis rumus matematika di Microsoft Word 2003 ada banyak sekali cara cara yang dapat dilakukan disini kita akan membaha beberapa cara yang biasa dilakukan seseorang untuk membuat fungsi EquationEditor, Langsung saja :

1.  DENGAN MICROSOFT EQATION EDITOR
 
1. Masuk ke dalam aplikasi Microsoft Office Word 2003, gambar berikut (warna kuning) menunjukkan daerah menu yang dapat menampilkan fungsi command (perintah) yang tidak ditampilkan pada aplikasi office ini. Pada daerah ini, klik kanan pada mouse Anda dan ...


2. Setelah klik kanan pada mouse Anda, maka akan tampil menu pop-up seperti berikut. Dan pilih Customize di pilihan paling bawah.




3. Tampilan berikutnya adalah seperti gambar di bawah ini yang secara default (normal/ standar), posisi tab menu berada di tab Toolbars. Maka, posisikan berada pada tab Commands.



4. Pada layar Customize, lihat seperti gambar diatas untuk menentukan perintah (command) yang ingin ditampilkan. Di Data List Categories, pilih saja All Commands. Dan pada Data List Commands, cari perintah (command) yang ingin Anda tampilkan. Disini, saya mencontohkan untuk mencari fungsi perintah yang akan ditampilkan (membuat rumus), yaitu InsertEquation.



5. Jika sudah sesuai seperti gambar diatas, klik tahan dan geser (Click and Drag) ke posisi disamping perintah yang sudah ada (Lihat gambar).



6. Gambar diatas menunjukkan bahwa tombol perintah rumus (baca: Equation) yang sudah ditampilkan, tetapi masih belum ada isinya. Langkah selanjutnya adalah install dengan menekan tombol Yes. (Jangan lupa CD Microsoft Office 2003 yang sudah dimasukkan pada CD-ROM).



7. Gambar diatas menunjukkan proses pencarian dan peng-install-an.



8. Gambar diatas menunjukkan pencarian dan peng-install-an yang gagal karena tidak ditemukan program PRO11.MSI yang terdapat pada CD Microsoft Office 2003. Jangan menyerah, Pilih tombol Browse untuk membantu pencarian jika kita memang yakin ada CD Microsoft Office 2003 yang telah dimasukkan ke CD ROM Anda.


9. Gambar diatas menunjukkan tampilan fungsi rumus (Equation) pada Microsoft Office Word 2003 yang sedang dicoba.



2.  DENGAN MATHTYPE 6



Anda mungkin seringkali menemui kesulitan untuk menuliskan suatu bentuk simbol, equation, atau formula Matematika dalam Ms. Office 2003. Anda tak perlu kuatir, saya akan memberikan solusinya kepada Anda. Saya menemukan Software pengolah simbol/equation atau formula Matematika, yaitu MathType versi 6.  Cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda tinggal ketikkan equation yang anda inginkan, kemudian copy paste ke Ms. Office 2003. Silakan anda mencoba.. Semoga bermanfaat..
Untuk Mengaktifkannya di Microsoft Office 2003 anda tinggal Klik Kanan Toolbar yang kosong dan pilih MATHTYPE sehingga akan muncul tampilan seperti ini

Download Link : >>>> MathType 6

Password Ekstrak : youlovesmath07andsmile


Cara Installnya : Tinggal next next aja, kalo minta serial number isi sama yang sudah tersedia diatas


Mudah-mudahan bermanfaat dan saya tidak memungkiri, bahwa masih banyak saudara kita yang jauh disana, masih belajar seperti saya dan mungkin tidak mengetahui fungsi untuk membuat rumus pada seperti contoh diatas ataupun fungsi-fungsi (perintah/ commands) yang belum diketahui.

Sekian, terima kasih.

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.