Sabtu, 23 April 2011

0 Review Epson L100

Perintis Infus Legal
Tangki tinta dengan kapasitas lebih besar mampu mencetak dalam jumlah besar. Namun, harga tintanya tetap terjangkau.

Berawal dari banyaknya pengguna yang mengisi ulang tintanya menggunakan metode infus secara ilegal, Epson pun akhirnya menghadirkan printer dengan metode ini. Proses infus ini menggunakan teknologi dari sisi perangkat serta tinta.

Epson L100 dilengkapi dengan teknologi FIT (Fast Ink Top-Up). Teknologi FIT memiliki 3 komponen yang didesain secara khusus yaitu tangki tinta, selang tinta terintegrasi serta katup penutup khusus (choke valve). Kesemuanya berguna untuk memudahkan pengguna mengisi ulang tinta. Selain itu, bentuk tangki didisain untuk mencegah tumpahnya tinta saat printer dibawa bepergian. Pada tangki tinta ini terselip selang tinta yang akan mengalir ke print-head untuk kemudianmencetak. 

Dengan daya tampung tangki yang besar (setiap botol mengandung tinta 70 ml), Epson L100 mampu mencetak hingga  beberapa kali lipat lebih banyak dibandingkan menggunakan cartridge. Bahkan kemampuannya dalam mencetak dalam jumlah besar (menggunakan tinta orisinil) masuk dalam rekor MURI. Hal ini memang terbukti saat kami mengujinya. Meski telah mencetak beberapa gambar berwarna ukuran A4 dan foto dengan kualitas best, indikator tinta tidak menunjukkan penurunan yang dratis. 

Meskipun menggunakan sistem tangki yang bisa diisi ulang, Anda mesti menggunakan tinta resmi dari Epson. Dan setiap kali mengisi ulang, Anda harus mengaktifkan nomor seri yang terdapat pada botol tinta isi ulang melalui aplikasi dari Windows. Jika tidak, printer tidak akan mengeluarkan tinta meskipun proses cetak berlangsung. Hal ini untuk mencegah penggunaan tinta non-Epson.
Kualitas cetak berbasis teks dan dokumen Epson L100 cukup baik. Kualitas cetaknya tajam dan rapi, tidak menampilkan rembesan tinta khususnya saat mencetak font kecil. Mencetak foto pun bisa dilakoni dengan baik. Dipadu dengan kertas khusus dari Epson, hasil cetak fotonya memiliki detail yang bagus dengan gradasi yang halus. Meskipun demikian, warna yang dihasilkan cenderung gelap dan kuat. Jadi untuk hasil yang lebih baik, Anda mesti menyunting terlebih dahulu gambar yang hendak dicetak. 

Di luar itu, Epson L100 juga memiliki sedikit kelemahan. Yang paling terasa yaitu awal proses cetak menimbulkan suara yang keras. Dari sisi waktu cetak, Epson juga tergolong lambat. (Dayu Akbar-Kontributor)
***
Inovasi Epson L100 sungguh tepat bagi yang sering mencetak dalam jumlah besar dengan biaya operasional yang rendah. Selain mampu menghasilkan foto yang cukup baik, harga tintanya pun terjangkau. Apalagi dalam pembelian pertama, EPSON sudah menyertakan 4 botol tinta serta 2 botol tambahan warna hitam. Sebuah tawaran yang cukup menarik.

TABEL UJI
Kecepatan
5 lembar
1 halaman
(First Print Out Time)
Mono (RTF)
2 mnt 1 dtk
24 dtk
Warna (RTF)
5 mnt 45 dtk
1 mnt 12 dtk
Teks+grafis (PDF)
7 mnt 38 dtk
1 mnt 33 dtk
Gambar A4 (JPG)
14 mnt 5 dtk
2 mnt 57 dtk
Foto postcard 4x6 (best photo)
 -
5 mnt 41 dtk

Spesifikasi Epson L100
Metode cetak
Inkjet Warna
Jumlah tinta
4 tangki (black, cyan, magenta, yellow)
Resolusi maksimum
5760x1440 dpi
Memori
Tidak ada
Interface
USB 2.0
Network support
Tidak ada
Sistem operasi
Windows 2000/XP/Vista
Kapasitas kertas
100 lembar
Jenis kertas
Plain/glossy/premium/matte
Ukuran kertas maks
A4
Dimensi (plt)
61,6x32,2x21,4 cm
Berat
11,8 kg
Konsumsi listrik
(off/sleep/ready/active) 0,6/1,2/2,5/10,1 watt
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp1.299.000
Harga per-botol tinta*
Rp65.000
* Epson Indonesia, (021) 572-3161 Minggu pertama Februari 2011



Tangki infus
Empat wadah tinta dengan sistem infus menawarkan keunggulan dalam hal jumlah cetak yang besar. Ditambah kemudahan mengisi ulang tinta.




Easy Photo Print

Aplikasi Easy Photo Print memudahkan Anda mencetak foto. Untuk itu, tersedia berbagai pilihan konfigurasi dan template secara langkah perlangkah.


Plus     : Kualitas cetak prima; adanya sistem tinta infus; kapasitas tangki tinta besar dan ekonomis; bonus 6 tinta warna; harga menarik.
Minus : Hentakan awal keras; waktu cetak lambat; warna foto cenderung kuat.
Skor Penilaian
- Kinerja             : 4,25
- Fasilitas          : 3.5
- Kemudahan   : 4.25
- Harga              : 4,5
- Skor Total       : 4,1

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.