Senin, 28 Maret 2011

0 Review Axioo Picopad


Citarasa Lokal
Berbeda dengan tablet lokal lainnya, Picopad dari Axioo berusaha tampil lebih kental dengan menyematkan salah satu budaya khas Indonesia ke dalam Tabletnya.
Tentunya Anda bertanya-tanya, apa budaya Indonesia yang mungkin dimasukkan ke dalam tablet. 
Di antara banyaknya budaya negeri tercinta ini, adalah batik yang dipilih Axioo sebagai pemanis untuk memberikan kesan bahwa tablet ini “Indonesia banget”. Beragam corak batik mulai dari yang tradisional sampai yang modern sudah disiapkan dalam format digital yang bisa Anda gunakan sebagai wallpaper layar depan (homescreen).

Kami kemudian mencoba salah satu wallpaper batik tersebut untuk dipajang di homescreen-nya. Hasilnya cukup menarik dan batik pun tampil dengan apik di layar Picopad yang memiliki resolusi 800x480 pixel. Dengan resolusi sebesar itu, kegiatan browsing di internet maupun membaca email tidak terkendala.
Secara fisik, ukuran layarnya adalah 7 inci. Menurut kami, ukuran sebesar ini terasa pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Hal ini pulalah membuat ukuran fisik keseluruhannya cukup kompak.
Semua sisi Picopad tidak ada yang polos, karena keempat sisinya dilengkapi berbagai alat pendukung fungsionalitas. Di sisi atas Anda bisa menemukan slot SIM card dan micro SD/SDHC serta tombol volume. Sementara pada sisi bawah terdapat mic, jack 3,5mm, port mini-USB serta tombol kecil untuk melakukan reset.
Sepasang speaker stereo ditempatkan di sisi kanan dan kiri (dekat tombol Power) dari Picopad. Selain itu, empat buah tombol fungsi utama berada sederet di sisi kanan layar dalam rupa tombol sentuh. Picopad juga memiliki kamera sebanyak dua buah, satu kamera utama 3MP berada di belakang dan satu lagi kamera VGA ada di depan untuk video call.
Berbekal Froyo (Android 2.2), Picopad berjalan mulus dan lancar meski cuma menggunakan prosesor Qualcomm MSM 7227 berkecepatan 600 MHz. Hal ini cukup melegakan karena sebelumnya kami sempat merasa skeptis mengingat tablet lain kebanyakan menggunakan Qualcomm Snapdragon dengan kecepatan 1 GHz. Meskipun demikian kinerjanya MSM 7227 di sini cukup baik dan selama pengujian terbukti masih mampu melayani Picopad.
Untuk kelancaran aplikasi, Picopad membekali diri dengan memori RAM sebesar 512 MB. Jumlah sebesar ini nampaknya sudah menjadi standar tablet masa kini untuk menjaga agar tablet tidak melambat ketika banyak aplikasi berjalan di background.
Picopad memiliki internal storage sebesar 512 MB, tapi sayangnya kapasitas yang tersedia untuk pengguna hanya 172 MB. Ini terbilang jumlah yang sangat sedikit mengingat pengguna Android biasanya senang memasang beragam aplikasi menarik.
Tapi untungnya sudah ada dukungan untuk memindahkan aplikasi ke kartu memori SD. Jadi aplikasi yang sudah mendukung App2Sd bisa dipindahkan ke SD Card dan tidak memenuhi memori internal.
Sempat kami sebutkan di atas tadi bahwa Picopad memiliki slot SIM card tepat di sebelah slot micro SD-nya. Ini karena Picopad memiliki fungsi seluler sehingga dapat dipakai layaknya sebuah ponsel. Jadi tak perlu khawatir kalau berada di tempat tanpa sinyal Wi-Fi. Pergunakan saja akses data HSDPA dari operator kesayangan.
Akan tetapi, karena faktor bentuknya, menelepon menggunakan Picopad mutlak mengandalkan handsfree/ speakerphone. Bagusnya, speaker stereonya mampu bersuara keras. Mic-nya juga cukup sensitif sehingga berbicara dengan meletakkannya di meja tidak menghambat pembicaraan. (Karuna)
***
Secara umum performa dari Axioo Picopad termasuk baik. Kami tidak mengalami masalah berarti selama pengujian. Tapi satu hal yang kami perhatikan adalah perangkat ini sedikit kerepotan ketika dihadapkan dengan aplikasi yang menuntut kinerja grafis yang tinggi.

Hasil Pengujian
Meskipun sama-sama menggunakan Froyo dan layar beresolusi 800x480, Nexus One dengan prosesor yang lebih kencang melaju meninggalkan Picopad pada uji kinerja. Tapi anehnya, pada benchmark 3D Neocore, Picopad berhasil tampil lebih baik dari handset resmi keluaran Google tersebut.
Pengujian
Axioo Picopad
Google Nexus One
Quadrant Advanced Total
453
1572
Quadrant Advanced CPU
668
5515
Quadrant Advanced 3D
264
315
Neocore Benchmark
34.8 fps
28.5 fps

Spesifikasi Axioo  Picopad
Prosesor
Qualcomm MSM 7227 600Mhz
Ram
512 MB
Kartu Grafis
Adreno 200
Internal Storage
512 MB (172 MB tersedia)
Wireless
802.11b/g WLAN, Bluetooth, A-GPS
Lain – Lain
Slot SIM card, Kamera
Layar
7” 800x480 piksel
Bobot
328 gram
Garansi
1 Tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp4,599 juta
*Tera Data Indonusa, (021) 626-6781 Minggu ketiga Januari 2011




Dual Slot  

Slot kembar ini memuat slot SIM Card dan Micro SD/SDHC




Tombol Reset

Tombol darurat untuk mengembalikan Picopad ke setingan awal





Navigasi

Deretan tombol navigasi ini berupa tombol sentuh.





Plus
     : Desain Kompak, fungsionalitas lengkap, ada leather case.
Minus : Tidak mampu menangani kerja grafis v kompleks, internal storage kecil.
Skor Penilaian
- Kinerja             : 4
- Fasilitas           : 4
- Kemudahan     : 4
- Harga               : 4
- Skor total         : 4

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.