Senin, 28 Maret 2011

0 Review TP-Link TL-MR3420


Lengkap dan Mudah
TP-Link TL-MR3420 ini merupakan sebuah wireless router yang sangat lengkap. Selain dapat membagi koneksi kabel/ADSL Internet, router ini juga dapat digunakan untuk berbagi koneksi 3G Anda.
Kalau melihat bentuknya, TP-Link TL-MR3420 ini memang tidak terlalu istimewa. Tampangnya mirip dengan produk-produk TP-Link lainnya, berwarna putih dengan sisi-sisi berwarna hitam.
Di bagian depannya tampak deretan lampulampu indikator yang menunjukkan aktivitas router ini, seperti WLAN, WAN, 3G, dan QSS. Di sebelah kanannya terdapat sebuah tombol pintas untuk melakukan konfigurasi QSS secara instan.

Melongok ke bagian belakangnya, tampilannya sama seperti wireless router lain pada umumnya. Terdapat sebuah port WAN dan empat buah port LAN. Selain itu terdapat juga dua buah antena yang dapat dilepas pasang.
Sebagai tambahan, tersedia sebuah port USB untuk mencolokkan modem 3G USB Anda. Ya, untuk dapat menikmati koneksi 3G melalui router ini, Anda memang masih memerlukan sebuah modem 3G eksternal karena router ini tidak memiliki slot kartu SIM secara langsung.
TP-Link TL-MR3420 ini mendukung jaringan nirkabel dengan standar 802.11n yang mampu mengalirkan data hingga 300 Mbps. Standar sebelumnya seperti 802.11b dan 802.11g tetap dapat digunakan pada router ini. Koneksi LAN pada router ini tergolong standar, tidak menggunakan gigabit LAN. Dari sisi kompatibilitas, TLMR3420 ini kompatibel dengan modem-modem USB 3G, HSPA, maupun EV-DO.
Sebelum menggunakan router ini, Anda dapat melakukan pengaturan dengan mengakses panel kontrol router ini. Panel kontrol TP-Link TL-MR3420 ini dapat Anda akses melalui web browser dengan memasukkan alamat IP router ini (default http://192.168.1.1).
Setelah masuk ke dalamnya, Anda akan disuguhi halaman utama yang menunjukkan status operasional router ini, mulai dari alamat LAN, WAN, dan total lalu lintas data (traffic) yang sedang berjalan. Di sebelah kirinya, terdapat menu-menu untuk melakukan konfigurasi lebih spesifik. Di sebelah kanannya, terdapat panduan singkat mengenai menu yang sedang aktif, berisi penjelasan mengenai pilihan-pilihan yang tersedia. Panduan ini akan berubah saat Anda berpindah-pindah menu.
Banyak pengaturan yang dapat Anda lakukan pada panel kontrol ini. Beberapa yang penting antara lain, pengaturan DHCP, WAN, LAN, koneksi 3G, dan QSS. TP-Link TL-MR3420 ini juga sudah menyediakan beberapa profil APN dari beberapa operator di Indonesia seperti XL, Telkomsel, Indosat, dan 3. Kalau profil APN yang Anda cari tidak tersedia, Anda dapat juga memasukkannya secara manual.
Kinerja wireless router TP-Link TL-MR3420 ini terbilang baik. Konfigurasinya terbilang mudah. Bahkan, untuk pengguna awam tersedia menu Quick Setup, sebuah wizard yang akan menuntun penggunanya dalam melakukan konfigurasi router ini. Kinerja throughput-nya juga terbilang baik. Aliran data yang dihasilkan cukup tinggi dan sesuai dengan spesifikasinya yang telah mendukung 802.11n.
***
TP-Link TL-MR3420 ini memang bukan sebuah router portabel. Bentuknya cukup besar sehingga menyulitkan untuk dibawa-bawa. Hal ini tentunya agak berlawanan dengan kompatibilitasnya dengan modem USB yang umumnya digunakan untuk berinternet secara mobile. Namun dalam hal kinerja dan feature yang ditawarkannya, router ini sangat menarik. Feature yang tersedia cukup lengkap dan dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan. Ditambah lagi, harganya cukup terjangkau. (Steven Irwandi)
SPESIFIKASI
Standar
802.11b, 802.11g, 802.11n, UMTS, HSDPA, HSPA, EV-DO
Konektor
1 x WAN, 4 x LAN 10/100mbps
Modus Operasi
Router, Access Point
Kecepatan transfer data
Maksimum 300Mbps
Feature
DHCP Server
WPS
Firewall
MAC Address Filter
Dimensi
174 mm x 111 mm x 30 mm
Bobot
98 gram
Kelengkapan
Power adapter
Kabel RJ45
CD Manual & Buku Panduan
Garansi
1 tahun
Situs web
Kisaran harga
Rp365.000
Kontak: Central Cipta Kemakmuran, (021) 536-4773




Bagian belakang TEW-655BR3G yang dilengkapi sebuah port LAN






Tampilan menu utama panel kontrol TP-Link TL-MR3420






Secara default, tersedia beberapa profil APN dari beberapa operator broadband Indonesia






Plus     : Instalasi mudah, antarmuka panel kontrol mudah dimengerti, harga terjangkau
Minus : Tampilan biasa saja, tidak portabel, tanpa slot SIM internal, bentuk agak besar
Skor Penilaian
- Penggunaan    : 4
- Kinerja           : 3,75
- Fasilitas          : 3,75
- Harga             : 4,25
- Skor total       : 3,93

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.