Sabtu, 30 Juli 2011

0 Cara Mengecek Status Server Hosting

web server down

Kali ini saya akan memberikan Tips untuk mengecek status Server Hosting Anda Down ataukah Tidak. Apakah perlu? kami kira sangat perlu karena status tersebut bisa anda gunakan sebagai dasar informasi dalam mengetahui ketersediaan akses terhadap server tersebut.

Saya tidak bisa mengakses website saya,
Apakah Server Hosting Down?

Belum tentu hal ini yang terjadi, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan anda tidak dapat mengakses server hosting / website anda. diantaranya :
  1. IP Addres Anda diblokir Server Hosting – hal yang paling sering terjadi. IP Anda bisa masuk kedalam jeratan daftar black list server hosting dan bukan karena kebetulan, tapi karena kemungkinan IP anda telah melanggar beberapa aturan yang tercatat pada server hosting, misalnya :
    - Akses konkurensi terlalu tinggi sehingga server hosting menganggapnya sebagai salah satu bentuk ddos
    - Login ke FTP/Email dengan menggunakan username dan pasword salah lebih dari 5 kali, maka tentu saja IP address anda akan otomatis diblokir oleh server hosting
    - Anda melakukan Ping/Port scanning berlebihan sehingga tentu saja ip anda diblokir
  2. IP Address Anda diblokir salah satu HOP,  Perjalanan akses dari PC Anda menuju server hosting kami tentunya melalui beberapa lintasan router yang seringkali disebut sebagai HOP. Jika IP Address anda ternyata diblokir oleh salah satu HOP/Router tersebut maka secara otomatis anda tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju server hosting kami. Atau mungkin HOP Internet Service Provider anda yang lagi bermasalah.
  3. Propagasi DNS belum selesai – ketika anda barusaja melakukan perubahan DNS website anda tidak akan bisa langsung diakses dan biasanya menunggu minimal 1×24 jam sampai database DNS menyebar keseluruh penjuru dunia.
Diatas adalah 3 hal yang bisa jadi menyebabkan anda tidak bisa mengakses website tersebut.

Kalau begitu, Bagaimana Cara Ceking Status Server Hosting Down atau Tidak?

Berikut ini adalah beberapa tools penting dan cukup populer yang akan memberikan anda informasi mengenai status server hosting anda.
  1. JUST-PING.COM – Adalah salah satu layanan yang akan memberikan informasi status server hosting Aktif ataukah Down dari banyak negara. Jadi jika anda tidak bisa meng-akses server hosting kami, maka coba cek menggunakan tools ini.
  2. TRACE ROUTE – Adalah perintah yang bisa anda gunakan untuk memberikan informasi mengenai rute menuju server hosting kami, bisa jadi IP Address anda diblokir ditengah jalan atau mungkin ISP anda yang bermasalah sehingga tidak bisa mencapai server kami.
    Caranya :
    Pengguna windows :
    1. Start -> Run -> ketik “CMD” tanpa tanda petik -> Enter ( kalau tidak ada menu Run tekan tombol bendera windows di keyboard bersamaan dengan huruf R)
    2. ketik “tracert domainkamu.com”  tanpa tanda petik – perhatikan informasi tersebut dan anda akan mengetahui sampai dimana koneksi anda terputus
    Pengguna Linux
    1. Buka Shell
    2. ketik “traceroute domainkamu.com” tanpa tanda petik
  3. JUST-DNSLOOKUP.COM – Adalah salah satu layanan yang akan memberikan anda informasi status DNS IP anda dari berbagai lokasi
  4. HIDEMYASS.COM – Adalah  salah satu layanan akses website anonymous melalui proxy, cobalah akses website anda melalui tools ini

Kalau ternyata masih belum bisa mengakses server hosting/website?

Langkah tercepat adalah laporkan kejadian ini, kirim email ke support@pusathosting.com untuk mendapatkan informasi permasalahan anda ini.
Tapi sebelum itu, senantiasa lakukanlah teknik pengecekan status server hosting ini agar anda lebih tahu apa yang terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Kalau Comment Jangan Junk Ya

Free Blog Promotion

Untuk mengatur bagaimana tampilan tooltip tersebut nantinya, maka disini memerlukan kode style. Kode yang diperlukan seperti berikut ini.